Berbenah dan Beralih untuk Kesejahteraan IT Indonesia

Banyak di antara konsultan IT di berbagai daerah indonesia tidak mengikuti peraturan INKINDO. dan mungkin banyak dari Programers indonesia tidak mengtahui keberadaan INKINDO ini.

INKINDO merupakan sebuah wadah bagi kita yang ingin mengetahui tarif pembuatan Proyek misalnya pembuatan sebuah Project E-CRM misalnya, dari berbagai bentuk promosi yang dibuat kebanyakan rekan lainya mengabaikan hal ini, padahal peraturan dan tarif yang ditetapkan oleh INKINDO adalah dimana mengingat kesejah teraan jasa konsultan itu sendiri. baik coba kita lihat bagaimana dampak baiknya mengikuti peraturan INKINDO.

  1. Project yang kita buat sudah ditentukan tarif, dengan harga yang fantastis ( ini dikalahkan oleh konsultan yang mempromosikan jasanya dengan menurunkan harga ). boleh saja promosi dengan harga yang murah tap apa keuntungan anda ? tidak ada hanya dapat 1 project pembuatan dengan harga yang tidak menguntungkan karena hanya bersifar sekali dan tidak berkmpanjangan. coba kita bandingkan dengan logika bodoh 1=1.500.000 dengan INKINDO 1=9.000.000 itu sudah menguntungkan kita dalam Waktu & Kuantitas project yang kita buat. dengan harga 1.5 juta bisa berbuat apa ? Tapi bandingkan harga promo anda dengan ketentuan INKINDO 9.000.000 sama dengan anda membuat 6 Project sekaligus … apakah anda merasa beruntung ? Silahkan anda pikirkan.
  2. Mantanance dan pengembangan ! disini juga sudah di ulas dalam MoU anda dengan client anda saat sudah project sudah jadi, dari hasil promosi anda tentu barang jelas biaya pengembangan dan lainya dalam MoU juga murah.

Apa yang anda harapkan dengan harga promo yang murah, dengan membanting harga maka anda secara sengaja menjatuhkan beberapa konsultan IT yang lain tapi coba bandingka apakah konsultan IT yang lain dengan mengikutu harga stsndar akan bangkrut ? Tidak mas bro, dengan kerja yang sedikit dengan pengmbangan dan mantanace yang tidak terlalu merepotkan tapi penghasilan mungkin lebih dari Konsultan yang gencar menjalani Promo dengan harga murah tapi dampak kerja / Jobs yang sangat padat.

Buat teman-teman yang menyediakan layanan Jasa / konsultan IT lainya jangan terlalu mempermudah harga usaha anda, cukup dengan Client sedikit namun pembayaran yang memuaskan.

Dalam konteks ini pakar Forum PHP indonesia ( Peter J.Kambey ) juga pernah berbicara ini pada halaman blognya, buatlah karya dan hasilmu mengalir secara terus menerus bukan menjual hasil dari kerja anda. karena menjual hasil kerja anda hanya sebatas penyelesaian project bukan hasil dari jasa anda yang bisa mengalir dengan terus menerus.

“Boleh Murah tapi tidak Murahan”

Iklan

One thought on “Berbenah dan Beralih untuk Kesejahteraan IT Indonesia

Komentar ditutup.