Reset Administrator Password pada Windows Server 2008 / 2016

Sangat menyebalkan jika anda mengingat banyak password dan suatu saat lupa akan password yang dibutuhkan. Namun jika password tersebut merupakan password windows server 2008 / 2016 anda bisa berlega hati karena saya akan memberikan solusi untuk mereset password Windows Server 2008 / 2016 anda. Pada awalnya saya lupa dengan Password login windows server saya, pada saat PLN Error & UPS tidak berfungsi semestinya semua server saya mati total, nah buat login tapi Password saya lupa entah apa yang saya buat dulunya, sempat asumsi mau instal ulang lagi tap lama sedangkan Database saya belu di Backup terpakasa mencari solusi dan ini solusi paling ampuh buat anda.

Ada banyak cara untuk melakukan reset bisa dengan software konboot, offline changer dan sebagainya. namun ada kalanya software tersebut tidak mampu menembus system windows. berikut saya share cara manual terampuh untuk mereset password windows server 2008 / 2016. Environment yang saya gunakan adalah Windows Server 2016 Standard Edition R2 64-bit tetapi semua versi juga bisa dan juga bisa dalam Domain Controller untuk mereset password domain administrator.

  • Booting dari DVD Microsoft Windows Server 2008 / 2016 anda.
  • Pada Window Install, klik “Next“.
  • Pilih “Repair your computer”.
  • Pada System Recovery Options, pilih bagian OS yang ingin direpair dan klik “Next“.
  • Pilih “Command Prompt“.
  • Pada command prompt, ketikkan untuk masuk masuk ke C:\windows\system32

Ketikan C: Enter
cd windows “Enter”
cd system32 “Enter”
ren Utilman.exe Utilman.exe.backu “Enter”
copy cmd.exe Utilman.exe “Enter”

  • Exit Command Prompt dan Restart server anda
  • Pada halaman Login, tekan Tombol Windows + U.
  • Akan muncul command prompt, ketikkan perintah berikut net user administrator pepe@ict2014 Ini akan mereset password Administrator menjadi pepe@ict2014 (sesuaikan dengan policy password dan case sensitive).

Tutup command prompt, kamu seharusnya sudah dapat login kembali ke windows server anda. Nah selanjutnya anda sudah bisa login kembali. anda masih punya perintah untu melakukan Cleanup.

Langkah Cleanup :

Ketika kamu berhasil mereset password windows dan sudah dapat login kembali. kamu harus melakukan langkah dibawah ini dengan booting menggunakan DVD Windows Server 2008 DVD/ISO kembali seperti langkah awal sampai dengan window command prompt terbuka. Cleanup ini mengembalikan posisi Utilman.exe pada seperti semula.

Ketikan C: Enter
cd windows “Enter”
cd system32 “Enter”
del Utilman.exe “Enter”
ren Utilman.exe.backu Utilman.exe “Enter”
pada langkah Cleanup ini hanya menggantikan posisi Utilman.exe.backup seperti semula.

Okeh itulah yang di alami setiap ICT Indonesia ketika banyak menghafal beberapa Password yang dia kerjakan. Itu sudah menjadi Hukum alam dalam kelupaan Password dan disini anda dapat solusi.

Iklan