Saham dari sebuah Project Seorang Programing

Salah satu cara yang dapat dilakukan seseorang untuk mendapatkan uang atau penghasilan adalah dengan melakukan investasi. Biasanya Investasi ini biasa dikenal oleh kalangan Ekonomi dan Accounting,sedangkan istilah Investasi ini sering kenal dengan penanaman modal. Definisi cara bagi hasil keuntungan usaha didalam dunia bisnis ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu:

  1. Pembagian keuntungan karena rekan Anda aktif terlibat operasional harian dengan mendapat gaji bulanan.
  2. Pembagian keuntungan karena rekan Anda sebagai pemodal mendapat dividen (keuntungan usaha, biasanya dibagikan di akhir tahun).

Disini dapat kita gambarkan betapa banyaknya keuntungan yang dapat kita ambil dalam sebuah Investasi. Dalam Konteks ini Investasi  of  money,  yang dapat diartikan pemodalan dalam bentuk uang / Kertas saham lainya.

Taukah anda sorang IT merupakan seorang Investor of shadow ( ini cuma istilah saya aja ). IOS ini atau investor of shadow ini, merupakan bentuk investasi yang tidak jelas bentuk wujud penghasilanya, namun tanpak bentuk bayangan penghasilan yang di berikan, kenapa saya jelaskan demikian ? Setelah kita membangun sebuah system yang besar misalnya, pastinya kita melakukan kontrak MoU besama client, dengan pasal dan undang-undang MoU yang telah kita terapkan pada Perusahaan kita ( CV – UD – PT ), tergantung perjanjian yang terteara dalam MoU tersebut. Setelah semua selesai kita akan dibayar dengan Harga yang telah disepakati sebelumnya dan Bentuk modul yang telah dibuat dalam MoU tersebut.

Taukah anda bahwasanya MoU yang kita buat dengan client tersebut adalah banyangan investasi kita kedepanya, kita dapat mengambil sebuah contoh : seorang programing akan mendapat penghasilan yang tanpa batas dari sebuah maintenance kedepanya. disinilah titik kejayaan sorang programing. Pada saat client memnta perubahan, penambahan, pengembangan modul setelah garansi yang kita berikan dan diluar perjanjian / MoU sebelumnya, anda akan dibayar dengan harga yang sangat fantastis, disini anda dapa menentukan bayaran dari jasa yang akan anda kembangkan. Luar biasa bukan investasi jangka panjang sorang Programers ?

# Berbenah dan Beralih untuk Kesejahteraan IT Indonesia

 

# Lulusan IT Tidak Berkualitas untuk Generasi Masa Depan

Tapi sangat kita sayangkan, masih banyak Programers freelance yang menawarkan jasanya dengan harga yang murah dan sistem bodongan ( asal selesai dan dapat duit ). dimana  kepuasan client tidak diutamankan dan keamana sistem / website yang dibuat tidak di unggulkan. terkadang websit / sistem informasi yang dibuat malah tidak memiliki konsep web Design, dan pengmbangan atau perawatan mengalami kendala hingga kita membuang penghasilan yang seharusnya menjadi investasi kedepanya.

Saran

Bangun lah sebuah flatform yang bermanfaat, dan berkualitas jual yang tinggi, maka rasakan Investasi Of shadow. anda akan merasakan dikemudian hari jika saat maintenance atau jasa anda dibutuhkan lagi, disana anda dapat menentukan budget berapa jasa anda akan dibayarka, mau 1jt, 2jt atau lebih saat maintanace berlangsung tergantung modul yang akan anda buat.

Kesimpulan

Berhentilah menghasilakn uang sesaat dari project yang dibuat, sehingga saat pengembangan kedepan anda tidak akan dibutuhkan kembali, taukaha anda project bodong yang telah dibuat hanya mengjar target / kesempatan sesaat hingga kualitas project anda tidak jelas maka disanalah anda akan merasa sedih.

Iklan